Skip to main content

SkyBee Satellite Broadband: Koneksi Internet Satelit



Senang juga melihat perkembangan teknologi internet di negara kita yang tercinta ini, terutama setelah melihat iklan di koran hari ini. Setidaknya ada satu pilihan koneksi lain untuk beriternet ria.

Sebelumnya kita sudah mengenal koneksi Dial-Up, Cable, ADSL serta Mobile Broadband dan sekarang ada SkyBee.

SkyBee Satellite Broadband adalah mungkin perusahaan penyedia jasa internet pertama di Indonesia melalui satelit. Dan sesuai dengan namanya, mereka menawarkan jasa sambungan internet via satelit dimana dibutuhkan sebuah parabola kecil dan modem tentu saja.



Sebenarnya sih bukan pertama layanan ini ada di Indonesia tetapi SkyBee setidaknya pertama yang bisa memenuhi kebutuhan internet untuk perumahan atau SOHO (Small Office Home Office) dengan harga terjangkau.

Untuk biaya langganan per bulan paling murah ditawarkan dengan harga Rp. 650.000 untuk kecepatan download/ upload sebesar 512 Kbps/ 128 Kbps.

Okay, memang cukup mahal dibandingkan cable/ ADSL tetapi ini mungkin akan menjadi pilihan satu-satunya bagi anda yang tinggal di daerah yang tidak ada sambungan telpon, cable maupun ADSL.

Sebagai perbandingan harga, kami menggunakan layanan kabel dengan harga Rp. 600.000/ bulan tetapi dengan kecepatan 1,5 Mbps. :-)

Keuntungan dari Internet via Satelit:
– Menjangkau hampir seluruh wilayah dimana cable/ ADSL tidak ada
– Tidak menggunakan jalur telpon maupun harus berlangganan TV kabel
– Kecepatan internet tidak terganggu oleh telpon maupun kabel

Kerugian dari Internet via Satelit:
– Biasanya lebih mahal dibandingkan koneksi internet lainnya
– Biaya instalasi yang lebih mahal dibandingkan lainnya
– Transmisi sinyal sedikit lama (delay) mengingat jarak tempuh dari satelit ke
angkasa kemudian kembali lagi.
– Kadang-kadang dipengaruhi oleh cuaca

Berbicara mengenai kecepatan agak relatif mengingat ini tergantung dari jenis layanan yang diambil tetapi kalau mau jujur, seharusnya internet via satelit setidaknya lebih stabil dibandingkan koneksi lainnya (dalam kondisi normal dan menggunakan kecepatan yang sama).

Dan kalau anda mau membandingkan dengan Mobile Broadband, tentu via satelit akan memberikan koneksi yang lebih stabil dan cepat.

Sumber 1

Sumber 2

Comments