Format Surat Lamaran Kerja

Surat Lamaran Kerja Standar

1. Data Diri.
Tulislah data diri anda secara lengkap, baik itu nama lengkap, foto, tempat tanggal lahir, alamat tinggal, nomer telepon, email, dan yang lainnya juga diperlukan. Perhatian: gunakanlah nama email yang baik untuk mendaftar pekerjaan, ini sangat berpengaruh bagi para HRD biasanya, mereka sangat malas melihat nama email dengan gaya-gaya yang tidak jelas.! Misalnya nama anda Shirene Sungkar, gunakanlah alamat email seperti shirene.sungkar@gmail.com shirene@yahoo.com dan lain-lain, namun jangan shirene_cute86@yahoo.co.id, shirene_niez86@gmail.com dan lain sebagainya. Jadi, mulai sekarang buatlah email yang lebih profesional :)

2. Pendidikan.
Cantumkan pendidikan anda secara
lengkap di sini, namun biasanya HRD lebih melihat ke pendidikan terakhir anda seperti S1, D3, atau SMA, tidak penting juga bagi HRD sepertinya melihat anda dari TK mana atau SD mana. :). Oya berikan juga prestasi anda di sini. Misalnya anda lulus S1 sebagai Sarjana terbaik dari Universitas anda, ataupun IPK anda 3.9 misalnya :)

3. Skil / Kemampuan.
Ini bagian yang penting sekali, diharapkan anda dapat menguasai bidang yang anda tekuni saat melamar pekerjaan dibidang yang ditentukan sehingga HRD lebih senang melihat kemampuan-kemampuan anda. Janga lupa juga untuk kemampuan Bahasa Inggris

4. Sertifikasi.
Ini bagian yang juga HRD senangi apabila anda memiliki sertifikasi baik nasional maupun Internasional. Saya yakin apabila anda memiliki Sertifikasi tingkat nasional yang banyak di akui perusahaan, anda tidak akan diremehkan.

5. Organisasi.
Cantumpkan pengalaman organisasi anda secara lengkap dan detail, dalam dunia kerja organisasi juga sangat diperlukan. Jadi cantumkan pengalaman oraganisasi anda misalnya ketika kuliah anda adalah ketua himpunan mahasiswa, presiden mahasiswa dan lain-lain.

Itu adalah 5 poin penting yang biasanya terdapat dalam surat lamaran pekerjaan. Bagaimana formatnya anda bisa lihat di contoh-contoh di bawah ini.

Klik untuk memperbesar gambar

Contoh Portofolio Kreatif

Contoh Portofolio Steven Stevenson

Comments